TARIKAN IKAN NILEM BIKIN JORAN BERGETAR

Salam Nilemania,


   Ikan Nilem adalah salah satu ikan target para pemancing di sungai. Ada dua jenis ikan nilem yang sering di buru oleh para pemancing di seluruh nusantara. Ada ikan Nilem mangut dan ikan nilem biasa atau ikan nilem budidaya atau jenis ikan nilem kolam/empang.

  Ikan nilem mangut adalah ikan endemik asli sungai yang mempunyai mulut menghadap kebawah. Ikan mangut lebih suka hidup di sungai berarus deras yang penuh batu atau cadas. Biasanya ikan ini menyukai lumut yang menempel di bebatuan, atau cacing yang ada di dalam sungai.
   Ikan nilem lokal / nilem kolam adalah ikan nilem yang sering di budidayakan atau di pelihara di kolam atau empang. Biasanya jenis ikan nilem ini lebih suka makan buah2an atau daun2an.

  Di sungai CIMUNTUR khususnya di daerah ciamis utara atau disekitaran wilayah kec. Lumbung banyak sekali ikan jenis ini. Karena ikan nilem di sungai ini kebanyakan ikan nilem budidaya yang di pelihara di kolam2 warga. Jika saat musim hujan datang, maka tak sedikit ikan yang lepas kesungai dan berkembang biak.

  Hal yang paling unik dari jenis ikan ini adalah suka dengan kelapa muda. Maka dari itu banyak pancing yang menggunakan umpan kelapa muda untuk mancing ikan nilem ini. Seperti video berikut, seekor ikan nilem babon berukuran sebesar sandal jepit berhasil di naikan oleh seorang pemancing lokal bernama Mang NANANG warga kp. CILEUNGSING Ds Lumbungsari kec. Lumbung kab. Ciamis-jawa barat. Dia menggunakan joran manual lentur.

Simak video berikut ini
Klik link disini πŸ‘‰ https://youtu.be/pUuVgjCkxGk


4 komentar:

MANCING NILEM LIAR

MANCING NILEM BABON SAAT MUSIM KEMARAU

Sambaran ikan nilem babon saat musim kemarau Hallo Nilemania ?   Ketemu lagi nih sama admin, Musim kemarau panjang telah melanda negeri ...