Berburu ikan nilem babon di spot extrem

Salam "Nyood..Lepp"

Apa kabar para nilemania ? Semoga kabar baik selalu menyertai kita semua. Kali ini kami mau berbagi pengalaman tentang hobi kami memancing. Musim kemarau seperti sekarang ini membuat air sungai surut, sehingga kami kesulitan mendapatkan setrike ikan target yaitu ikan nilem. Namun kami tidak menyerah begitu saja, kami berusaha mencari spot sungai yang masih banyak genangan airnya yang kami harap kami dapat menemukan sarang ikan.

Kami menyusuri sungai cimuntur kec. Lumbung kab. Ciamis. Dan akhirnya kami menemukan spot sungai extreme yang tinggi dan curam. Namun kami yakin disinilah sarangnya ikan babon. Umpan yang kami gunakan adalah umpan kelapa muda dengan menggunakan senar merk kuya ukuran 0.25 mm dan kail neo carbon no. 5.

Kami mancing bersama teman-teman tim mancing nilem. Kami langsung ambil posisi, bang Teddy mencari spot di sekitar tebing yang terjal. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya bang teddy strike ikan balar mata merah yang berukuran babon. Tak lama kemudian sayapun menyeimbangi pertarungan strike dengan sambaran ikan nilem babon dari ketinggian.

Mr. Kewell mancing dispot yang sempit dengan sambaran ikan nilem merah, namun strike ikan yang lainnya tak sempat terekam karena kami mancing berjauhan. Kami bersyukur karena kami masih bisa mendapatkan strike ikan.

Dokumentasi strike mancing ini berhasil kami abadikan dalam sebuah video.

Simak keseruan videonya di bawah ini !!

Terima kasih

Salam nilemania "Nyood..Lepp"

Sibolank thomas

Awalnya gak percaya, akhirnya pemancing ini strike ikan nilem babon

Salam nilemania

Mang IRMAN,pemancing nilem asal dari Desa KarangPaningal Kecamatan Sukamantri Kab. Ciamis. Semenjak tahu dari youtube, beliau sering mancing di sungai Cimuntur kec. Lumbung. Biasanya mancing di sungai cikerenceng dekat rumahnya. Dan hampir gak percaya setelah melihat video mancing nilem ikannya besar-besar dan babon. Lalu beliau memutuskan dan penasarab mencoba spot cimuntur. Setelah mencoba, awalnya hanya ikan nilem ukuran kecil saja yang di dapat. Namun setelah mencoba menggunakan umpan andalan sungai cimuntur yaitu kelapa muda. Srikepun terjadi dengan sambaran ikan nilem babon.
  Hari itu Tim Mancing Nilem berencana pergi mancing bareng (MABAR) di Leuwi Garu Sungai Cimuntur kp. Babakan Cimuntur Ds. Rawa. Mang Irman pun berangkat pagi - pagi sekali dari rumah. Tim Mancing Nilem pun tiba di spot yang tak lama kemudian Mang Irman pun tiba bersama Rizky Fazriani dan satu temannya lagi.

Berbekal Umpan kelapa muda, merekapun cari spot untuk mulai lempar umpan. Dhans melenoy segera menempati spot favoritnya di dekat bendungan sungai.
Waktu terus berjalan seiring dengan mengalirnya arus sungai. Selang beberapa jam terdengan teriakan di bagian hulu, terlihat joran tegek panjang ukuran 3 meter tengah melengkung tajam. Ternyata Mang Irman sedang menaklukan ikan mas lumayan besar.

Demi pelestarian, ikanpun di realisnya ke sungai.
Tak lama kemudian Giliran Dhans melenoy mendapatkan sambaran ikan nilem babon dengan umpan kelapa muda di spot andalannya. Sungguh ini benar-benar babon nilem. Tarikan yang sangat luar biasa dapat di taklukan dengan joran kesayangannya.
Menjelang siang hari, Mang Irman mendapatkan sambaran ikan bawal yang lumayan ukurannya. Penyelamatan yang sangat dramatis karena ikan sempat nyangkut di ranting bambu. Mancing barengpun di akhiri karena waktu sudah menjelang siang. Namun perburuan ikan nilem babon belum berakhir. Semoga sungai dan ikan kami tetap lestari dan di jauhkan dari tangan tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

cek full video lengkap dibawah ini !!
 Terima kasih,
Salam "Nyood..Lepp"

Sibolank thomas

MANCING NILEM BERSAMA KOMUNITAS BML "BARAYA MANCING LIAR"

Hallo Sahabat...salam mancing

Kali ini kami tim mancing liar sibolank thomas mendapat kesempatan mancing bersama KOMUNITAS BARAYA MANCING LIAR (BML). Sebuah wadah perkumpulan para pemancing liar yang di adakan di Sungai Ciwulan Tasikmalaya jawa barat. Komunitas BML ( BARAYA MANCING LIAR ) ini yang berbasis Sunda ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan satu hobi menjadi Baraya salawasna, Baraya yang berarti Sodara. Komunitas ini baru berdiri sekitar tahun 2019. Bagi teman2 yang bergabung silahkan bisa add group facebook BARAYA MANCING LIAR.
Admin ketua: Defik Cassani

Dalam acara Mancing bareng tersebut ada beberapa pemancing yang mendapatkan strike ikan nilem, ikan bader, ikan sidat, bahkan ada juga yang mendapatkan ikan endemik sungai ciwulan yaitu ikan selusur.
Korwil BML Barat: Kang Undang

Moment strike mabar BML
Korwil BML kota: kang Dani

Korwil BML selatan: Kang wawas

korwil BML timur : kang iyan mubarok

Bukan persoalan dapat ikan atau tidak, dari kesekian banyak pemancing yang hadir hanya beberapa orang saja yang mendapatkan strike ikan. Namun suka cita yang tak terhingga membuat kami puas dan bangga menjadi bagian dari keluarga BML.

Perjalanan yang sangat jauh menuju spot tidak menyurutkan tekat kami untuk datang dan menghadiri acara mancing bareng.

●Moment strike
Moment Bahagia
Ini merupakan mabar pertama yang di adakan admin ketua dan anggota group. Kekompakan dan kebersamaan sangat diutamakan.

Moment bahagia
Keseruan mabar BML

Program mabar ini akan menjadi agenda rutin group BML kedepannya dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Berikut keseruan video moment mabar BML
Cek full videonya di bawah ini !!

Terima kasih

Salam BML
#BarayaSalawasna
#SahobiJadiWargi
#HobiSanesPangedulan

MENEMUKAN SPOT BARU SARANGNYA IKAN NILEM BABON

Hallo sahabat sibolank, apa kabarnya ?
"Salam nilemania."nyood..lepp

Setelah beberapa bulan kami tidak menulis artikel ini. Kini kami kembali akan berbagi pengalaman seputar dunia mancing.
  Pada artikel kali ini salah satu tim kami mencoba cari spot baru untuk mancing dan berburu ikan nilem babon. Akhirnya kami menemukan spot baru yang belum terjamah oleh pemancing, karena spotnya terletak diantara hutan dan perkebunan warga. Yaitu sungai CIDARMA yang terletak di dusun Dayeuhdatar ds. Lumbungsari kec. Lumbung kab. Ciamis jawa barat.
  Dhans melenoy salah satu tim kami yang begitu cerdik mencari spot mancing untuk berburu ikan nilem langsung mencoba peruntungan di spot baru ini. Dengan menggunakan umpan andalannya "kelapa muda."
  Setelah umpan di lempar, ternyata tak menunggu lama joran ada yang nyenggol-nyenggol. Setelah ujung joran terlihat melengkung bahkan hampir terseret ikan, akhirnya ikan nilem babonpun berhasil di naikan. Begitu terus dan selanjutnya beberapa ikan nilem babon dan nilem yang berukuran kecil berhasil di bawa pulang.

"Perlu diketahui, bahwa umpan kelapa muda ini sangat di sukai oleh ikan nilem dan jadi umpan andalan para pemancing khususnya pemancing yang berada di sekitaran aliran sungai CIDARMA dan CIMUNTUR yang terletak di sebelah CIAMIS utara."
  Waktu yang paling tepat untuk mancing nilem adalah pagi dan sore hari.

● SIMAK KESERUAN VIDEONYA DI BAWAH INI !!

Terima kasih, semoga terhibur dan menambah pengalaman.

Salam,

SAMBARAN IKAN NILEM BABON BIKIN HEBOH

Hallo Nilemania, apa kabar ?

Berjumpa kembali bersama kami para pemburu ikan nilem. Kali ini saya mancing bersama Mr. Apoey di sungai Cimuntur lagi, namun di spot yang berbeda yang belum tereksplore sebelumnya.
  Seperti biasa kami berangkat pagi sekitar pukul 06.00 wib. Setelah tiba di spot, kami langsung pasang joran dan lempar umpan.
Sekitar 5 jam kami mancing, namun belum ada sambaran ikan target ( ikan nilem ). Yang makan malah ikan nila golsom. Sekitar pukul 13.30 wib, kami putuskan untuk pindah ke spot andalan di kp. Pasirlaja ds. Lumbungsari kab. Ciamis.
   Kira-kira pukul 14.00 wib kami tiba di spot, dan tak di sangka di sana sudah ada teman kami Tim Mancing Nilem yang sudah beberapa menit mancing. Kamipun langsung bergabung dan langsung pasang joran masing-masing.
  Hari sudah mau gelap karena cuaca sudah mendung, dan akhirnya tak lama kemudian hujanpun turun. Kami putuskan bikin tenda untuk berteduh. Selang 1 jam akhirnya hujan reda. Karena masih ada waktu, kami putuskan mancing lagi.
  Setelah menunggu, menjelang maghrib joran bang Teddy di tarik ikan sampai kami kaget karena sambarannya sangat cepat dan begitu tiba-tiba. Dan akhirnya, seekor ikan nilem babon berhasil di naikkan oleh bang Teddy.

Sambaran yang bikin heboh, seolah-olah ikan lagi ngamuk. Umpan yang kami gunakan adalah umpan kelapa muda.

"Silahkan simak videonya, klik link di bawah !!

Terima kasih Semoga terhibur

Salam Nilemania

"Nyood..Lepp"

MANCING PAKAI UMPAN KELAPA MUDA DI SAMBAR IKAN MAS SUNGAI

Salam joran Melengkung

Hallo apa kabar ? Semoga semua ada dalam lindungan-NYA. ketemu lagi nih sama sibolank thomas "si pemancing liar".

Setelah musim kemarau yang berkepanjangan, akhirnya Tuhan menurunkan rezekinya berupa hujan. Sudah tiga hari hujan deras mengguyur kampung saya Cileungsing ds. Lumbungsari kec. Lumbung kab. Ciamis jawa barat. Alhamdulillah persawahan kembali tergenang air, debit air di sungai kembali bertambah. Ini artinya ekosistem sungai kembali hidup, ikan-ikan kembali riang gembira menyambut kedatangan air. Itu berarti termasuk saya merasa senang karena bisa kembali menyalurkan hobi memancing di sungai liar.

Tak berlama-lama sayapun langsung bergegas menyiapkan peralatan dan umpan memancing. Kali ini target utama saya adalah nyi Nilemsari alias ikan nilem atau melem dengan umpan andalan kelapa muda. Tiba di spot sungai CIMUNTUR sekitar jam setengah 2 siang. Joran sudah terpasang dengan joran lentur manual sebagai joran andalan rangkaian sendiri.
  Lemparan pertama umpan saya di sambar ikan nila yang ukurannya lumayan besar pakai umpan cacing sawah. Di lemparan kedua, joran lentur saya ada yang nyolek-nyolek. Awalnya di kira ikan nilem yang makan, karena pakai umpan kelapa muda. Namun setelah di angkat, saya kaget dan hampir gak percaya bahwa ternyata seekor anakan ikan mas sekitar tiga jarian nyangkut di kail saya. Otomatis suasana jadi berubah, yang tadinya seneng berubah jadi merinding.

Yang terlintas di pikiran saya adalah, "ini ikan beneran apa jadi-jadian ?"
Soalnya, ikan mas memang identik dengan hal mistis.
Tak pikir panjang, saya langsung rillis ikan tersebut.
Yang jelas ini ikan terlalu kecil untuk saya bawa pulang. Demi kelestarian ikan langsung saya lepaskan lagi.
Silahkan cek videonya di bawah ini !!
Play video cek link 👉 https://youtu.be/4QFbUImSOv4

Dan sampai akhirnya saya putuskan untuk pulang, karena waktu sudah terlalu sore.

Terima kasih buat yang sudah berkunjung.

Salam joran melenoy

CARA MEMBUAT UMPAN IKAN NILEM DENGAN BAHAN DASAR KELAPA

Hallo salam Nilemania ?
  Dalam pembahasan kali ini saya akan bahas cara membuat umpan ikan Nilem berbahan dasar Kelapa.

Alat dan Bahan :
1. Kelapa tua
2. Ubi jalar
3.biskuit Marrie
4. Talas
5. Kacang tanah
6. Ulekan/cobek yang bersih / bebas dari bau

Cara pembuatan:
● parut kelapa ambil santannya
● ulek kacang tanah sampai halus
● ulek biskuit sampai halus
●masak santan, ubi dan talas sampe matang. setelah santan matang sampe keluar minyak lalu
●pisahkan ampas kelapa yang sudah di masak, lalu ambil ampasnya ( daerah ciamis dinamakan GALENDO ).
 haluskan dan campur semua bahan sampe benar benar kalis.
● umpan siap di pakai.
Simak videonya di bawah ini !!

Selamat Mencoba !!

Salam nilemania

MANCING NILEM LIAR

MANCING NILEM BABON SAAT MUSIM KEMARAU

Sambaran ikan nilem babon saat musim kemarau Hallo Nilemania ?   Ketemu lagi nih sama admin, Musim kemarau panjang telah melanda negeri ...